lainnya

SEO untuk Pemula

20.02vidya putra

Sejak munculnya awal munculnya internet hingga sekarang, internet terus berkembang dan mempengaruhi berbagai sisi kehidupan; bisnis, pendidikan, komunikasi, gaya hidup, dll semua berubah karena penaruh internet. Didalam dunia bisnis sendiri ada 1 topik yang sering dibicarakan yaitu mengenai SEO (Search Engine Optimization)--karena itu disini saya coba berbagi mengenai apa sih SEO itu, semoga bisa membantu untuk pemula yang ingin tahu...

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas kunjungan yang berasal dari search engine ke suatu website dengan memanfaatkan kerja alami dari algoritma pengurutan / pencarian suatu search engine. Karena SEO adalah suatu proses maka hasil tidak akan didapatkan secara instan, SEO bukanlah sulap yang memberikan hasil tiba - tiba dan luar biasa; namun secara bertahap; selain itu karena SEO memanfaatkan kerja alami suatu algoritma pengurutan / pencarian suatu search engine, padahal setiap search engine memiliki cara yang berbeda - beda--maka hasil SEO dari suatu search engine mungkin akan berbeda dengan search engine lainnya.

SEO umumnya dibagi menjadi On-Page Optimization dan Off Page Optimization. Yang dimaksud dengan On Page Optimization adalah teknik - teknik SEO yang berkaitan dengan halaman suatu website (internal). Sedangkan Off Page Optimization adalah teknik - teknik SEO yang berkaitan dengan website lain / diluar website (eksternal).

On Page Optimization -> misalnya melakukan perubahan pada title tag, meta tag, header tag, alt tag, optimisasi isi (content), sitemap, bentuk & struktur website, layout / desain website, dll.

Off Page Optimization -> misalnya dengan memanfaatkan social news, social bookmarking, menyebarkan artikel, blogwalking, aktif di forum, social media, dll.

Menggunakan Social Media :

Trend sekarang di dunia adalah advertising dengan menggunakan aplikasi - aplikasi social media seperti Twitter, Facebook, Plurk, Youtube, Wikipedia, Slideshare, dll untuk menarik pengunjung ke suatu website. Mengapa? untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan lihat pada video berikut :


Namun dalam menggunakan social media ini juga kita harus dapat memilih, aplikasi mana yang akan kita gunakan, tergantung target pasar (demographic) dan cara penggunaanpun berbeda - beda. Misalnya dengan Facebook umumnya dilakukan dengan menggunakan fanpage / group, dengan Twitter akan membutuhkan cara yang berbeda, demikian juga jika menggunakan Youtube; atau Misalnya memilih menggunakan Plurk, karena Plurk umumnya digunakan oleh orang Asia, dll.

Jadi, ingat SEO bukan sulap yang memberikan keajaiban ke website anda; membutuhkan proses dan kesabaran, pengalaman-semakin banyak anda belajar dan mencoba maka akan semakin ahli anda dalam teknik SEO dan kreatifitas, karena banyaknya aplikasi di internet yang dapat digunakan dan dimanfaatkan maka anda juga harus kreatif dalam memilih dan menggunakan. Selamat mencoba & sukses...

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Instagram

Formulir Kontak