lain-lain

Jika CMS adalah Mobil

18.24vidya putra

Di kelas Internet Marketing, untuk murid – murid yang pemula saya sering menggunakan mobil sebagai contoh CMS. Seperti sebuah CMS, ketika kita membeli mobil kita langsung dapat menggunakan mobil kita, tanpa harus mengetahui bagaimana cara merakitnya dan bagaimana cara bekerjanya sehingga mobil dapat berjalan; kita langsung dapat menggunakan dengan bantuan fungsi – fungsi yang diberikan, seperti setir untuk mengendalikan, pedal gas untuk mengatur kecepatan, perseneling untuk mengatur akselerasi, dll. Demikian juga dengan CMS, setelah memiliki CMS kita tidak perlu lagi mengetahui bagaimana cara membuat suatu web, bahasa pemrogramman, dan detail lainnya; kita langsung diberikan fungsi – fungsi bantuan, seperti fungsi post untuk mengirim posting, fungsi untuk mengatur komentar, dll.

Pada mobil, untuk masuk kedalamnya kita harus melalui pintu, dan membukanya dengan kunci pintu. Sama halnya dengan CMS, ketika kita ingin masuk ke backpage (admin) kita akan masuk melalui sebuah pintu dan membutuhkan username dan password. Bahkan mobilpun dapat dimodifikasi seperti sebuah CMS, kita dapat mengganti tampilannya, menambahkan alat baru (plugins) sehingga mobil kita akan menjadi berbeda dengan yang aslinya.

Satu hal lagi, CMS juga memiliki jenis – jenis khusus. Misalnya pada mobil, ada mobil keluarga yang berukuran besar dan berbentuk kotak (biasanya), kemudian ada mobil sport (biasanya sedan), ada jenis truk yang besar dan bertenaga. Pada CMS juga terdapat jenis – jenis, misalnya CMS untuk blog ada wordpress dan Drupal, untuk jualan ada Prestashop atau Oscommerce, kemudian Social Network ada Boonex (Dolphin) dan Status.Net.

Jika CMS adalah mobil, maka
Wordpress adalah mobil jepang yang murah dan mudah didapat, dan modifikasi yang dapat dilakukan didalamnya sangat banyak, khususnya untuk tampilan. Perangkat yang dapat dipasang didalamnya juga memiliki banyak pilihan, dari yang bagus hingga yang masih dalam tahap pengembangan. Buat orang yang hobby mobil dan senang melakukan modifikasi maka mobil – mobil Jepang adalah pilihan yang tepat. Sama halnya dengan Wordpress, untuk orang yang hobi membongkar maka Wordpress adalah CMS yang menyenangkan.

CMS yang lainnya adalah Drupal, yang menurut saya mirip dengan mobil – mobil Amerika. Mobil Amerika terkenal kuat dan bertenaga, walaupun tampilannya biasa saja; selain itu alat baru yang dapat ditambahkan juga tidak banyak kecuali anda benar – benar mengerti mesin. Demikianlah Drupal, core engine-nya terkenal kuat dan bagus, namun tampilan yang diberikan tidak banyak pilihan. Drupal cocok untuk orang – orang yang suka membongkar mesin, menggunakan peralatan berat, coding, dll.

Selain kedua CMS itu ada juga Prestashop. Prestashop adalah CMS untuk e-commerce (jualan). CMS ini mirip seperti mobil – mobil Eropa yang mewah, mobilnya cepat, awet dan elit; tidak banyak pilihan untuk merubah tampilan ataupun mesin didalamnya. Ketika memiliki mobil – mobil Eropa ini, anda tidak akan ingin untuk merubahnya.

CMS apalagi yang pernah anda gunakan? apa pendapat anda mengenai CMS tersebut? kalau CMS itu adalah sebuah mobil maka??? bagi pendapatnya ya...thanks

You Might Also Like

2 comments

  1. Jika CMS adalah sebuah mobil, maka CMS diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak dengan tampilan yang sama (standar). Dan walaupun beberapa orang menerima apa adanya saja, tapi banyak yang ingin membuat nya tampil unik, lain daripada yang lain.

    Cara yang paling mudah adalah menambahkan aksesoris kecil, baik stiker, boneka, gantungan dsb. yang mempercantik mobil itu, yang bisa dikerjakan sendiri, sekalipun orang yang awam tentang mobil. Tetapi cara ini terkadang tidak cukup untuk sebagian orang, yang ingin merombak total si mobil, baik dari segi tampilannya, maupun fungsinya.

    Dan seperti mobil juga, beberapa orang cukup mengerti tentang mobil luar dan dalam sehingga bisa mengubahnya sendiri. Untungnya, tidak tertutup kemungkinan bagi orang yang tidak mengerti mobil untuk memiliki mobil yang benar-benar unik. Tinggal serahkan ke bengkel-bengkel modifikasi, tentukan model nya, sesuaikan harga dengan dompet, dan tinggal tunggu jadi.

    Oiya, seperti di dunia mobil juga, modifikasi seperti ini juga seringkali bukanlah hal yang murah.... :)

    >>> Z.Co

    BalasHapus
  2. hahaha...setuju - setuju ama z.co; nice gan :D

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram

Formulir Kontak