cerita lain-lain

Kenapa social media untuk marketing?

21.19vidya putra

Menurut sajarah, pada awalnya internet diteliti untuk alat telekomunikasi; bertahun - tahun teknologi internet terus berkembang hingga akhirnya memasuki era Social Media sekarang ini, semua aplikasi dibuat dalam bentuk 'sosial'. Social Media juga berkaitan erat dengan telekomunikasi, karena intinya adalah komunikasi antar pengguna. Bahkan nantinya akan hadir HTML 5 (dalam pembahasan dan pengembangan) yang memungkinkan untuk membuat website dengan ukuran yang sangat ringan, bahkan untuk website dengan multimedia didalamnya - dan nantinya pasti akan semakin mempererat kaitan antara aplikasi web dan mobile.

Komunikasi...komunikasi...komunikasi, semua berkaitan dengan komunikasi. Social Media menjadi sangat populer juga salah satunya adalah karena komunikasi, dengan aplikasi - aplikasi Social Media, orang - orang dapat dengan mudah melakukan komunikasi dengan orang lainnya. Seperti yang diajarkan sewaktu sekolah dulu "manusia adalah mahluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri" sehingga dimasa modern ini, ketika orang - orang sibuk bekerja seharian atau melakukan aktivitas sehari - hari mereka tetap dapat melakukan kegiatan sosial dengan bantuan aplikasi Social Media ini. Setiap orang dapat berkumpul dengan orang - orang lainnya yang memiliki kesamaan hobi, kesenangan, sifat atau kemiripan lainnya. Bahkan hubungan yang terbentuk secara online bisa terbawa ke dunia nyata, demikian juga sebaliknya.

Semua orang menyukai Social Media; seperti taman bermain anak, orang - orang tertawa bersama, saling berbagi, dan kadang marah-marah disana semua dilakukan dengan bermacam - macam bentuk multimedia, text atau gambar. Isinya bisa sesuatu yang lucu, sesuatu yang penting, sesuatu yang mendidik, sesuatu yang aneh, sesuatu yang seram, tergantung target marketing anda. Inilah yang membuat Social Media bagus untuk media marketing, karena jika kita memberikan sesuatu yang mereka sukai maka akan disebarkan ke 'teman'nya...ke 'teman'nya...ke 'teman'nya...'teman'nya...ke 'teman'nya...ke 'teman'nya... seperti membagikan permen kepada anak - anak di taman bermain, mereka akan mengajak temannya, mengajak temannya, mengajak temannya, mengajak temannya, bahkan akan bercerita ke orang tua mereka.

Salah satu contoh kekuatan Social Media adalah 'Sinta & Jojo' yang terkenal karena videonya di Youtube, hingga membuat mereka menjadi artis walau hanya sebentar. Videonya di Youtube dilihat oleh 5,498,651 [tanggal 18/11/2010]


Sebelum 'Sinta & Jojo' ada 'moymoypalaboy' yang berasal dari Filipina. Bahkan moymoypalaboy yang sudah lebih lama membuat video seperti lucu seperti itu mendapatkan kunjungan 15,737,366 [tanggal 18/11/2010] untuk videonya yang berjudul MARIMAR

Untuk suatu perusahaan, contoh uniknya adalah Blendtec. Perusahaan blender yang mengandalkan channel Youtubenya untuk marketing dan membawa pengunjung ke website perusahaan. Di videonya yang sederhana, Blendtec membuat video singkat produk blendernya, memblender bermacam - macam hal.


Satu lagi contoh sukses dari penggunaan Social Media adalah dari perusahaan furniture IKEA yang memanfaatkan akun Facebook dan Photo tag di Facebook.


Yang lebih hebat lagi adalah, hampir semua tool Social Media bersifat gratis dapat digunakan bebas. Jadi tunggu apa lagi? apakah anda sudah memanfaatkan Social Media?

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Instagram

Formulir Kontak