lainnya

NIKON D5100 Tercinta

22.48vidya putra

Saya sudah cerita belum, akhirnya setelah penantian yang begitu lama sekarang saya punya kamera DSLR merek NIKON D5100, yang saya beli dari temen dengan harga second. Saya tidak bisa menunjukkan foto kameranya, karena kamera Blackberry saya jelek dan gelap karena debu jadi kalaupun saya foto dan upload hasilnya akan gelap dan tidak jelas :)

Jadi selama ini apa yang saya lakukan dengan kamera?
Pertama sebagai pemula tentu mengenal teknik dasarnya dulu seperti aperture (diafragma), shutter speed dan ISO karena ketiganya ini hal mendasar yang mempengaruhi foto yang kita hasilkan. Ketiganya ini secara teori sangat mudah dipahami, tapi memahami saja belum membuat kita bisa menghasilkan foto yang bagus. Bahkan setelah 2 bulan berlatih saya masih belum mahir dalam menggatur ketiga parameter ini, tapi semakin lama semakin baik tentunya (atw sya yang bego ya^^).

Kemudian berlanjut ke penggunaan "Metering" ini adalah alat bantu ukur cahaya. Setiap merek kamera menggunakan algoritma yang berbeda - beda untuk mengukur cahaya. Yang pasti penggunaan "Metering" ini sangat membantu agar gambar kita tidak over expose (terlalu terang) atau under expose (terlalu gelap). Walaupun setelah berlatih dan mencoba memahami, saya merasa bahwa "Metering" hanyalah alat bantu, terkadang kita memang mau fotonya agak gelap, terkadang kita memang mau agak terang (dibandingkan hasil metering).

Selain kedua hal itu saya juga mencoba sekarang membiasakan diri menggunakan Adobe Lightroom 4 yang merupakan software untuk photographer memperbaiki photonya, yang menurut saya sangat bagus dan simple (lebih bagus daripada adobe photoshop, kecuali anda memang mau edit besar2an foto anda).


Indonesian Traditional Dancer Kendo Tournament Kendo Prepare editlightroom-0541

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Instagram

Formulir Kontak