lainnya

Cahaya dan Bayangan

08.59vidya putra

Light and ShadowSelama belajar fotografi saya sering mendengar/menonton workshop fotografi di internet, salah satu yang paling saya ingat adalah workshop dari fotografer wedding kelas dunia bernama Scott Robert Lim.

Scott adalah fotografer yang selalu menggunakan flash/cahaya buatan, dan ahli menggunakannya. Didalam salah satu workshopnya di Creativelive ia mengatakan (kira-kira sbb) bahwa -> biasanya fotografer fokus pada cahaya, berusaha menguasainya, tapi jangan lupa pada bayangan karena bayangan juga bermanfaat. Bayangan dapat melangsingkan, memberi bentuk.

Pada awalnya saya hanya pada tahap mengerti maksudnya, namun belum benar - benar pencerahan. Hingga pada waktu saya uji coba cahaya/flash dan mendapatkan hasil foto yang disamping (adik sbg model :). Hanya karena ada bayangan di bagian tertentu, lengan adik saya terlihat berotot. Sejak itu, setiap mempersiapkan foto, saya tidak hanya memikirkan mengenai cahaya, tapi memikirkan seperti apa bayangan yang saya inginkan, apakah bayangan kuat, lembut, dan di bagian mana.

Sekarang saya menggunakan bayangan untuk memperlangsing, misalnya ketika mempersiapkan foto pengantin wanita, agar pinggang terlihat lebih langsing, saya bisa mengatur bagaimana agar sebagian pinggang muncul bayangan dan sebagian lagi terang, atau misalnya di bagian leher, dll.

Ini salah satu pengalaman/pembelajaran penting selama perjalanan fotografi saya :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Instagram

Formulir Kontak